Studi Banding BPI IAIN Ponorogo ke UIN Semarang

STUDI BANDING 15-16 APRIL 2019

Pada 15 April 2019 Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam mengadakan Studi Banding ke UIN Walisongo Semarang, kegiatan ini diikutii oleh mahasiswa BPI angkatan pertama yaitu angkatan 2016.

Studi banding  dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan Studi banding kali ini bertujuan untuk melihat bagimana pengelolaan Jurusan BPI di UIN Walisongo Semarang, apa saja pencapaiannya selama ini, dan apa saja tantangan yang dihadapi, selain itu untuk refleksi jurusan BPI IAIN Ponorogo,  apa yang menjadi kekurangan, dan apa yang bisa diambil untuk pengembangan jurusan.

Dalam kegiatan studi banding sisampaikan bahwa untuk menunjang kompetensi mahasisa, Jurusan BPI UIN Walisongo menjalin kerjasama dengan berbagai instansi diantaranya Kemensos, Kemenag, BDK, PKBI, BNN, Lapas, LSM, Muslimat NU,Rumah sakit negeri maupun swasta, prodi BPI/BKI se Indonesia, P ABKI, dan lain sebagainya.

Selain itu jurusan BPI UIN Walisongo sudah memiliki LBKI (Lembaga Bimbingan dan Konseling Islam) di Labda,  yang mana dengan adanya lembaga tersebut sangat menunjang kompetensi mahasiswa, sebagai wadah praktik mata kuliah rumpun konseling.