Logo BPI IAIN Ponorogo.

Logo merupakan imej yang dibuat dengan desain grafis mempunyai arti, tujuan, visi, misi, wawasan, tujuan, karakter dari apa yang diwakilinya. Mengandung nilai-nilai tertentu di setiap bentuk gubahan citra atau tanda-tanda yang terkandung di dalamnya, ia mampu merepresentasikan apa yang diwakilinya secara tepat.

BPI IAIN Ponorogo, memformulasikan logo jurusan sebagai sarana pengenalan diri, pemersatu, dan pengingat akan nilai-nilai yang dikembangkan selama menjadi bagian dari BPI IAIN Ponorogo.

Arti logo:

  • Gambar Gunungan: Gunungan atau disebut khayon, berasal dari bahsa Arab hayyun, artinya hidup. Maka mahsiswa dan alumni BPI IAIN Ponorogo dididik dan diharapkan mampu menghidupi dirinya dan melestarikan alam semesta sabagai wakil dari Sang Pemberi Kehidupan: Allah al Hayyu. Gunungan dapat pula diartikan lambang Pancer, yaitu jiwa atau sukma, sedang bentuknya yang segi tiga mengandung arti bahwa manusia terdiri dari unsur cipta, rasa dan karsa. Dalam gunungan terdapat ukiran tumbuhan simbol jalinan yang tak terpisahkan antara sesama mahasiswa, dosen dan masyarakat yang mengakar dan berkembang bersama menghijau (hidup menghidupi), ukiran tumbuhan membentuk  alphabet Yunani: Ψ yang disebut dengan “Psi” dan merupakan huruf dari kata psyche, dalam bahasa Yunani berarti nafas kehidupan, merupakan informasi bahwa di BPI IAIN Ponorogo, mahsiswa akan belajar menjadi pembimbing dan penyuluh Islam dengan menggunakan pendekatan ilmu-ilmu psikologi dan konseling. Dalam gunungan terdapat juga logo IAIN Ponorogo, sebagai lembaga yang terdapat Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dan di bawahnya BPI dinaungi. Puncak dari gunungan terdapat lafadz لِلّٰهِ bahwa apapun yang menjadi usaha, pikiran dan rasa semua keluarga besar BPI hanyalah merupakan perwujudan dari kehendak Allah semata.
  • BPI.
    • Huruf B, singakatan dari Bimbingan, disimbolkan warna-wari, sebagai isyarat pentingnya ragam cara dalam memberikan bimbingan.
    • Hurup P, singkatan dari Penyuluhan, digambarkan dengan warna biru dan nuansa air, diharapkan agar dalam memberikan penyuluhan berkemampuan mengalir, lembut tanpa kekerasan simbol dari “rahmatan lil a lamiin”. Sedang
    • Hurup I, singkatan dari Islam, digambarkan berwarna merah hati dan berbentuk ka’bah, tujuannya adalah dalam melakukan pembimbingan dan penyuluhan Islam, haruslah dari hati, menggunakan hati, menuju hati dengan kehangatan ilahi.
  • Tulisan Arab attaujiih wal irsyad al islamiy, adalah kepanjangan dari BPI dalam bahasa Arab, sebagai simbol bahwa gunungan yang nampak sebagai bagian tradisi leluhur nusantara dapat dijunjung, dijadikan unggulan dan selaras dengan pondasi ajaran-ajaran Sang Nabi akhir zaman Muhammad shallallah alaiih wa ala aalih wa ashaabih.