Hari Rabu tanggal 08 Maret 2023, BPI IAIN Ponorogo mengadakan kegiatan peringatan Nisfu Sya’ban dan Pramonorogo yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa BPI, diawali dengan sholat isya berjamaah dan dilanjutkan dzikir bersama yang dipimpin oleh Bapak K.H Muhsin. Setelah dzikir bersama dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Al-Barzanji yang dipimpin oleh group hadrah dari UKM UKI Ulin Nuha, selanjutnya dilantunkannya mahalul qiyam dan doa maulid Al-Barzanji yang dipimpin oleh beliau Bapak Busyro, setelahnya Bapak Nurdin menambahkan sedikit pesan “perbanyaklah sholawat kepada Kanjeng nabi Muhammad Saw, karena beliau adalah Abul arwah. Maka kita tidak boleh ragu lagi untuk cinta kepada beliau”. Dipenghujung acara diisi dengan penampilan kesenian Gembrung yang dipimpin langsung oleh bapak Faruk.

Banyak sekali keutamaan pada malam Nisfu Sya’ban, dikabulkan segala doa, diampuni dosanya oleh Allah, diberi syafaat, malam yang istimewa. Ada 3 amalan yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Sya’ban, pertama membaca surah Yasin sebanyak 3 kali dengan masing-masing diakhir meminta kepada Allah untuk dipanjangkan umur, diberi rezeki yang halal, dan wafat dalam keadaan husnu khatimah. Kedua membaca 2 kalimat syahadat atau “Laa ilaha illalah Muhammad Rasulullah”. Ketiga perbanyak istighfar karena tidak ada manusia yang tak luput dari kesalahan dan dosa. Pada bulan Sya’ban kita juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat sebagai bentuk rasa cinta kita terhadap nabi Muhammad Saw, selain itu sholawat juga memiliki beberapa keutamaan salah satunya ada sebuah hadis yang mengatakan “Barang siapa yang bershalawat kepada nabi Muhammad Saw satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.”

#bpiiainponorogo#iainponorogo#fuadiainponorogo#bimbinganpenyuluhanislam#bimbingan penyuluhan#BPIsae#nisfusya’ban#pramonorogo

instagram: @bpiponorogo_official

https://www.instagram.com/p/Cpj4kTXrBnD/?igshid=MDJmNzVkMjY=

Kategori: BERITA