Jum’at, 16 Desember 2022. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) adakan seminar kolaborasi bersama Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Seminar Kolaborasi ini bertema: “Bimbingan Karier: Merintis Karir Sejak Dini” dengan narasumber Fendi Krisna Rusdiana, M.Psi. Psikolog yang merupakan dosen Prodi BPI IAIN Ponorogo dan Citra Widyastuti, M.Psi. Psikolog yang merupakan dosen Prodi BKI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui Zoom dan Live Youtube Kopirogo TV dan diikuiti oleh mahasiswa/i dari IAIN Ponorogo dan UIN Sunan Kalijaga maupun umum.

Pembukaan pada kegiatan seminar online adalah sambutan dari Ketua Jurusan  Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo dan Bimbingan Konseling Islam UIN Sunan Kalijaga. Sambutan yang pertama dari Kajur Bimbingan Penyuluhan Islam yaitu  Muhammad Nurdin, M.Ag., Beliau menyampaikan terima kasih kepada narasumber dan semua peserta yang telah hadir. Menurutnya para mahasiswa/i hendaknya mempersiapkan diri untuk merintis kariernya ke depan. Konsultasi merupakan salah satu cara bagi mahasiswa/i agar memperoleh bimbingan dalam hal karier. Tidak hanya itu, mahasiswa/i juga harus memahami dan mengetahui tentang potensi yang dimilikinya untuk dikembangkan menjadi suatu keahlian tertentu yang bisa bermanfaat dan menunjang kariernya ke depan.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI), Slamet, S.Ag., M.Si. Beliau menyampaikan tentang tantangan dunia karier ke depan dan solusinya. Oleh karena itu perlu adanya bimingan karier sejak dini untuk membekali mahasiswa/i. Sehingga mereka siap untuk bersaing didunia kerja.

Selanjutnya adalah acara inti yaitu seminar kolaborasi Bimbingan Karier: Merintis Karier Sejak Dini. Narasumber pertama, Fendi Krisna Rusdiana, M.Psi., menyampaikan materi tentang: “Pentingnya Merintis Karier Sejak Dini”. Menurutnya karir merupakan kedudukan rangkaian pekerjaan dan posisi yang pernah diduduki oleh seseorang selama masa kerjanya. Sementara itu pengertian karir yang lain adalah rangkaian perilaku dan sikap yang berhubungan dengan pengalaman maupun aktivitas kerja seseorang selama rentang waktu tertentu. Berdasarkan jenisnya karir dapat dibedakan menjadi dua yaitu karir yang identik dengan jabatan dan   karir yang tidak terikat dengan jabatan. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa untuk merintis karir ada beberapa cara antara lain: manajemen waktu, disiplin, membuat skala prioritas, mempunyai tujuan yang jelas, rasa ingin tahu, mempertajam soft skill/ hard skill, memupuk percaya diri, dan analisis diri.

Citra Widyastuti, M.Psi, selaku narasumber kedua menyampaikan materinya tentang: “Karir Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI)”. Menurutnya ada beberapa profesi yang dapat ditempati bagi lulusan mahasiswa/i jurusan Bimbingan dan  Konseling Islam (BKI). Profesi tersebut diantaranya adalah kerja dibalai rehabilitasi, Guru Bimbingan Konseling (BK), Trainer, Penyuluh Agama, Kerja di Rumah Sakit sebagai rohaniawan, Konselor, Pengusaha, Guru TK, Human Resources Development, dan lain-lain. Semua itu tentunya mempertimbangan asas profesionalitas kita. Oleh karenanya agar kita menjadi pekerja yang professional hendaknya mengetahui kelebihan dan kelemahan kita. Kemudian meningkatkan kelemahan kita dan senantiasa mengasah kelebihan yang kita miliki.

Tujuan kegiatan seminar kolaborasi ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama antara Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) IAIN Ponorogo dan Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Disamping itu kegiatan ini juga untuk meningkatkan kualitas Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) dan Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI).